Walabi Kangguru Kecil dari Papua

Walabi Kangguru Kecil dari Papua

Inilah salah satu binatang khas Papua. Bentuknya mirip dengan kanguru, tapi ukurannya lebih kecil. Namanya, walabi.

Walabi adalah hewan mamalia berkantun atau marsupial. Mereka banyak hidup di wilayah Papua dan Australia. Nama ilmiahnya adalah Macropus agilis dan dalam bahasa Inggris dinamakan agile wallaby.

Sekilas, walabi terlihat seperti tikus raksasa. Kepala tampak runcing, telinga tegak. Panjang tubuhnya sekira 60-70 cm, dan beratnya 6 kilogram. Tubuhnya tertutup oleh mantel rambut yang berwarna abu-abu kecoklatan, sedangkan pada leher bagian bawah ke arah ekor, sampai ujung ekor, warna bulu lebih terang.

Walabi memiliki kaki belakang yang kuat, dengan panjang 15-20 centimeter. Kaki belakang berguna untuk melompat dan menendang musuh. Ekornya panjang, lebih dari 50 centimeter. Ekor ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan menopang tubuh saat duduk. Di bagian depan perut terdapat kanrung yang digunakan untuk berlindung dan perawatan anaknya.

Habitat Walabi

Walabi hidup berkelompok. Mereka hidup di semak belukar, hutan, dan padang rumput. Siang hari untuk mencari makanan, seperti rumput, ubi, tunas, dan daun.

Sayangnya, binatang unik itu kini berkurang jumlahnya. Walabi banyak diburu untuk dijual hidup-hidup, atau diambil dagingnya sebagai makanan. Kulit dan tulan

gnya digunakan untuk membuat berbagai kerajinan. Wah, kasihan, ya…!