Al Aziz, Dzat Maha Perkasa

Al Aziz, Dzat Maha Perkasa

Al Aziz artinya Dzat yang maha Perkasa lagi Maha Mulia. Allah memiliki sifat Al-Aziz, artinya Allah Maha Perkasa lagi Maha Mulia. Semua kemuliaan dan kemenangan hanyalah milik Allah. Jika manusia ingin mulia, maka Allahlah tempat meminta kemuliaan dan kemenangan.

 

Baca Juga: Al Muhaimin, Dzat Yang Maha Menjaga dan Mengawasi

 

Barangsiapa yang dikehendaki Allah untuk menang dan mulia, maka dia akan menang dan mulia. Sebaliknya barangsiapa yang dikehendaki Allah kalah dan terhina, dia akan kalah dan terhina. Dan jika seorang hamba taat kepada Allah, kalah dari musuh Islam pun, dia akan tetap mulia sebagai seorang mukmin. Sebaliknya, musuh musuh Islam meskipun menang, mereka akan terhina karena mereka memusuhi Islam.

Allah berfirman,

“Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya.(QS Fathir 35: 10)”

Dahulu, pada saat Rasulullah masih di Madinah, orangorang munafik bertekad akan mengalahkan Rasulullah dan mengusirnya dari Madinah. Mereka bertekad mengalahkan Rasulullah dan menghinakannya. Orang munafik adalah orang-orang yang sebenarnya benci kepada Islam namun pura-pura masuk Islam. Mereka memusuhi Islam dari dalam.

Dan pada akhirnya, orangorang munafik itulah yang kalah dan terhina. Mereka tidak pernah mampu mengalahkan orangorang mukmin. Permusuhan mereka selalu gagal dan justru membuat mereka malu dan hina. Itulah balasan bagi orang-orang yang memusuhi Rasulullah dan orang-orang beriman.

Sebagai orang beriman kita harus mengimani asmaul husna “Al-Aziz” ini. Kita harus yakin bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Mulia dan Perkasa. Kita memohon kemuliaan dalam kehidupan dunia dan akhirat hanya kepada Allah semata.