Aye-aye Primata Unik asli Madagaskar

Aye-aye Primata Unik asli Madagaskar

Madagaskar. Pulau ini terletak di seberang timur benua Afrika. Terkenal karena memiliki flora dan fauna yang unik. Nah, salah satunya adalah primata yang bernama unik, “Aye-aye”.

Tidak cuma namanya saja yang unik, wujudnya juga unik. Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah sejenis lemur berwajah musang, tubuh menyerupai monyet, cakarnya yang mirip sloth, dan gigi seri seperti tikus.

Tubuh Aye-aye tidak terlalu besar. Beratnya hanya 2,5 – 3  kg, dan panjanya 60 centimeter.

Ekornya sangat panjang, bisa sampai dua kali panjang tubuhnya.

Tubuh Aye aye ditumbuhi bulu kasar berwarna hitam atau cokelat gelap dengan sebagian berwarna putih. Matanya bulat dan besar, terlihat seperti sedang melotot. Telinganya besar dan sangat peka.

Jari-jari kakinya memiliki cakar panjang, runcing, dan kuat. Cakar ini digunakan untuk  bergelantungan di cabang-cabang pohon. Ya, aye-aye memang menghabiskan waktunya di atas pohon di hutan. Mereka tidak turun ke permukaan tanah.

Aye-aye aktif mencari makan di malam hari. Mereka memakan larva-larva serangga yang ada di kayu dan pepohonan. Mereka juga memakan kelapa, jamur, kacang, dan buah-buahan lainnya. Pada siang hari, mereka tidur di dalam sarangnya.

Wujudnya yang aneh membuah aye aye dianggap hewan pembawa petaka. Sehingga mereka banyak dibunuh dan diburu oleh penduduk. Kini, populasi aye aye di hutan tersisa sedikti saja sehingga digolongkan sebagai hewan terancam punah.