Berdosakah kalau mencontek dalam ujian?

Berdosakah kalau mencontek dalam ujian?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz, sebentar lagi saya akan menempuh ujian sekolah. Saya sudah mulai belajar. Saya ingin bertanya; bagaimana agar saya bisa mudah dalam belajar? Apakah mencontek itu berdosa?

Terima kasih, ustadz!

 

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Beribadah?

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah, puji syukur atas segala nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita. Ustadz doakan, kamu dilancarkan dalam menempuh ujian.

Agar mudah dalam belajar, cobalah untuk belajar sedikit demi sedikit, tetapi dilakukan rutin setiap hari. Gunakan waktu khusus untuk belajar, misalnya sehabis maghrib hingga jam setengah sembilan. Buatlah ringkasan dari materi-materi pelajaran yang diujikan. Hafalkan yang perlu dihafal, misalnya ayat Al-Qur`an dan hadits, kosa kata, istilah-istilah asing, sejarah, dan lainnya. Untuk berhitung, perbanyaklah latihan.

Mencontek dalam ujian sama saja berbuat curang atau dusta. Padahal perbuatan curang dan berdusta sangat dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya. Karenanya, mencontek itu berdosa. Jadi, jangan sekali-kali mencontek saat ujian, ya!

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan kita agar selalu berbuat jujur;

“Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga.” [HR. Muslim] 

Selamat belajar, semoga Allah senantiasa memberi kemudahan.