Chameleon Reptil yang Ahli Menyamar

bunglon

Reptil yang ini sangat unik. Kulitnya bisa berubahubah warnanya. Inilah chameleon, atau sering disebut sebagai bunglon.

Chameleon adalah sebutan bagi reptil golongan Chameleonid. Ada lebih dari 120 jenis spesies yang tersebar di seluruh dunia, dari dataran Afrika hingga Eropa dan Asia.

Chameleon tergolong reptil berukuran kecil. Rata-rata chameleon berukuran antara 17 hingga 25 sentimeter. Jenis terbesar bisa mencapai 60 cm, dan yang terkecil hanya sekira 2,5 cm saja.

Tubuhnya dibalut kulit tebal, bersisik, serta berduri pada bagian punggungnya. Beberapa jenis memiliki tanduk pada kepalanya. Matanya besar dan mampu berputar 360 derajat.

Namun, yang paling khas dari chameleon adalah kulitnya yang mampu berubah warna. Ini karena kulit chameleon memiliki berbagai pigmen warna. Mereka berubah warna untuk menyamar, mengelabui musuhnya, ketakutan, atau untuk menarik perhatian chameleon lainnya.

Ciri khas lainnya, chameleon memiliki ekor yang dapat digulung dan digunakan untuk menggantungkan tubuhnya pada batang pohon.

Makanan chameleon adalah serangga-serangga kecil. Chamelon menggunakan lidahnya untuk menangkap mangsa. Lidah chameleon dapat menjulur panjang, bahkan melebihi tubuh mereka. Saat menjulur, lidah chameleon lebih cepat daripada kecepatan jet tempur. Wah, hebat ya…!

 

Baca Juga: Pinguin Kaisar Pinguin Terbesar