Mirip Masjid tapi Bukan Masjid

Mirip Masjid tapi Bukan Masjid

Islam pernah menguasai dunia. Bangunan bercorak Islam pun tersebar di seluruh dunia. Mungkin kalian pernah melihat gambar beberapa bangunan yang menyerupai masjid, lengkap dengan kubah dan menaranya. Namun, ternyata bangunan tersebut bukanlah masjid. Beberap bangunan tersebut misalnya…

 

Baca juga: Kota-kota Khilafah Islamiyah

 

Hagia Sophia di Istanbul

Bangunan ini sangat terkenal. Namanya Hagia Sophia atau Aya Sophia. Banyak yang mengira ini adalah masjid, apalagi letaknya di Istanbul, Turki, yang pernah menjadi pusat kekhalifahan Islam. Namun, ternyata bangunan ini bukanlah masjid, melainkan museum.

Hagia Sophia dibangun oleh Kekaisaran Byzantium yang menguasai wilayah Turki pada tahun 537 dan digunakan sebagai gereja. Ketika Turki dikuasai Kekhalifahan Utsmaniyah, Hagia Sophia difungsikan menjadi masjid dari tahun 1453 sampai 1931. Setelah Kekhalifahan runtuh, bangunan ini dijadikan museum pada 1 Februari 1935 oleh pemerintah Republik Turki.

Taj Mahal, di India

Taj Mahal dikenal sebagai salah satu bangunan terhebat di dunia. Bentuknya menyerupai masjid. Namun, faktanya Taj Mahal adalah pemakaman. Sehingga para ulama setempat melarang kaum muslimin untuk shalat di dalamnya.

Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, pada tahun 1631. Bangunan ini digunakan sebagai makam bagi isterinya yang bernama Mumtaz Mahal. Pada akhirnya, Shah Jahan juga dimakamkan di dalam bangunan Taj Mahal.

 

Di Indonesia

Di Indonesia ada juga bangunan yang mirip masjid, tapi bukan masjid. Salah satunya terletak di Medan. Bangunan ini mirip masjid dengan kubah emas di atasnya. Jangan berkunjung dan shalat di dalamnya, ya! Karena bangunan ini bukanlah masjid, melainkan kuil milik kaum Sikh yang biasa disebut Gurdwara. Kuil ini dibangun pada tahun 1953 ini adalah yang termegah di Indonesia. Selain di Medan, ada pula kuil Sikh di Pasar Baru, Jakarta.

Oya, Sikh adalah agama Hindu yang dibuat menyerupai Islam. Jangan tertipu, ya…!