Planet Tetangga Bumi

planet

Bersyukurlah kita hidup di bumi. Planet yang indah dan nyaman untuk ditinggali. Bandingkan dengan dua planet terdekat dengan bumi, Venus dan Mars. Manusia sehebat apapun pasti tak akan mampu tinggal di sana.

Venus

Inilah tetangga terdekat kita. Venus adalah planet kedua dari matahari. Dari bumi, venus berjarak rata-rata 41 juta kilometer. Venus terlihat seperti bintang yang paling cerah di pagi dan senja hari.

Ukuran venus hampir sama dengan bumi, sehingga seringkali digambarkan sebadai saudara bumi. Namun sejatinya, venus tidaklah seperti bumi. Venus memiliki udara, tapi tidak memiliki oksigen seperti bumi. Udara di venus adalah karbondioksida dan nitrogen. Jadi, manusia dan hewan tak mungkin bisa bernafas.

Karbondioksida menyebabkan efek rumah kaca. Sehingga suhu di venus sangat panas, yaitu mencapai 462 derajat celsius. Tubuh kita akan terbakar pada suhu ini.

Selain itu, cuaca di venus juga sangat ekstrem. Permukaan venus dipenuhi oleh angin kencang, gas asam beracun, dan petir dahsyat. Terbayang kan, seperti apa permukaan venus?

Satu lagi keanehannya, venus mengelilingi matahari dengan waktu 225 hari, sedangkan venus berputar pada porosnya selama 243 hari. Sehingga, satu hari di venus lebih lama daripada satu tahun di venus.

Mars

Dari bumi, mars terlihat seperti bintang cerah berwarna merah. Jarak terdekat Mars dari bumi hanya sekira 56 juta kilometer. Sedangkan jarak rata-ratanya adalah 225 juta kilometer.

Mars lebih kecil dari bumi. Satu ukuran bumi setara dengan enam ukuran mars. Satu hari di mars setara dengan 24 jam 37 menis. Sedangkan satu tahun di mars setara dengan 687 hari.

Seperti venus, mars juga tak bisa ditinggali manusia. Atmnosfer di mars sangat tipis dan tidak mengandung oksigen. Udara mars terdiri dari karbondiosida, dan sedikit gas argon dan nitrogen.

Suhu di Mars sangat dingin, yaitu rata-rata −46 °C. Di mars juga tidak ada air. Hanya ada es di kedua kutubnya. Mars pun tak memungkinkan dihuni manusia!

 

Baca Juga: Mangrove Hutan Pelindung Pantai