Supermoon, Saat Bulan Mendekat Bumi

supermoon

Bulan Desember dan Januari lalu, kita menyaksikan bulan purnama supermoon. Banyak orang yang menunggunya dan berusaha memotretnya.

Apa itu super moon?

Supermoon adalah bulan purnama yang terjadi ketika bulan berada dalam jarak yang terdekat dengan bumi. Jika diamati, bulan terlihat lebih besar dan lebih terang dibandingkan bulan purnama biasanya.

Bagaimana bisa terjadi?

Bulan berputar mengelilingi bumi dalam orbit elips/lonjong. Titik terdekat dikenal dengan perigee. Sedangkan titik terjauh disebut dengan apogee. Pada suatu waktu, bulan akan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Namun, pada saat yang lain, bulan akan berada pada titik terjauh dengan bumi.

Nah, jika bulan purnama terjadi saat bulan berada di titik perigee ini, terjadilah supermoon.

Sebaliknya, jika berada di titik terjauh dengan bumi (apogee), bulan purnama akan terlihat lebih kecil dari biasanya. Fenomena ini dinamakan mikromoon.

Supermoon maupun mikromoon dapat terjadi setiap tahun. Jadi, bukan kejadian langka yang terjadi puluhan atau ratusah tahun sekali. Kita dapat melihat supermoon seperti melihat bulan purnama biasa, tanpa perlu menggunakan teleskop. Supermoon lebih indah dilihat jika kondisi langit cerah, yang tidak mendung, dan tidak terlalu banyak polusi cahaya lampu.

 

Baca Juga: Planet Tetangga Bumi